Rabu, 09 Mei 2012

FUNGSI MANAJEMEN (Pengorganisasian)



Pengorganisasian (organizing)
Untuk mencapai tujuan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, langkah selanjutnya adalah membuat pembagian kerja sehingga menjadi sebuah struktur organisasi. Pengorganisasian adalah pembagian tugas yang akan dikerjakan, dan pengembangan struktur organisasi atau struktur perusahaan yang sesuai.
Pengorganisasian dapat dikatakan sebagai proses penciptaan hubungan antara berbagai fungsi, personalia, dan faktor-faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada satu tujuan. Mengorganisasikan berarti membagi pekerjaan diantara para individu dan kelompok serta mengkoordinasikan aktifitas mereka, agar setiap individu dapat mengetahui secara jelas apa yang menjadi tugas sehingga mereka dapat bekerja benar.

Organisasi
            Pada hakekatnya organisasi dan manjemen tidak dapat dipisahkan, dimana organisasi merupakan alat manajemen untuk mencapai tujuan organisasi. Organisasi adalah bentuk setipa perserikatan orang untuk mencapai tujuan bersama. Jadi didalam Organisasi terdapat 3 (tiga) faktor yaitu:
a)      Adanya sekelompok orang
b)      Adanya hubungan dan pembagian kerja diantara orang-orang itu
c)      Adanya tujuan yang ingin dicapai
Struktur Organisasi
Dalam manajemen, organisasi dibedakan antara organisasi formal dan informal. Organisasi formal adalah struktur hubungan otoritas yang direncanakan dan saluran komunikasi yang diarahkan kepada pelaksanaan tujuan sebagaimana ditunjukkan oleh bagan organisasi resmi. Organisasi formal lembaga pendidikan, dengan demikian dibatasi secara baik dan tegas dan harus memiliki hirarkhi. Sebaliknya suatu organisasi informal kurang tegas, fleksibel dan spontan, dangan tujuan dan hubungan yang tidak spesifik.

0 comments:

Posting Komentar